saat air bertemu batu karang, air selalu menang. Bukan karena kekuatannya, melainkan karena keuletan dan kegigihannya

Sunday, June 27, 2010

Semangat menjaga keutuhan NKRI

Beberapa waktu yang lalu....ratusan Pramuka datang menginjakan kaki di pulau terdepan Indonesia, yaitu Pulau Nipah. 115 orang diantaranya bahkan pernah merasakan hidup di pulau yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan manusia. Sebagian orang memang asing mendengar nama pulau yang dulunya hanya sekitar seluas 0.8 hektar, dan kini telah menjadi puluhan hektar.

Pulau ini terletak persis di perbatasan Indonesia dan Singapore, dari pulau Nipah, kita bisa memandang tingginya bangunan yang ada di negara tetangga yang luasnya jauh lebih kecil dari negara kita ini. Pengalaman luar bisa yang tidak mungkin terlupakan, mendatangi pulau terluar Indonesia yang tidak semua orang bisa berkunjung kesana. Tidak ada transportasi khusus untuk bisa sampai ke pulau tersebut, bahkan kapal besar tidak bisa terlalu dekat berhenti di dataran pulau Nipah. harus menggunakan speed boat atau sekoci untuk bisa sampai di dataran tersebut, bahkan jika air sedang surut, kita sampai harus menaiki tangga dengan kemiringan 90 derajat sejauh 2-3 meter.

pada malam terakhir acara Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka yang dihadiri 29 peserta dari 33 Kwartir daerah se-Indonesia, diucapkan janji dari masing-masing perwakilan kontingen untuk bertekad menjaga pulau-pulau kecil di Indonesia yang merupakan bagian dari negara ini. semua bersemangat untuk menjaga keutuhan NKRI agar peristiwa pulau sipadan dan legitan tidak terulang kembali.

No comments:

Post a Comment