saat air bertemu batu karang, air selalu menang. Bukan karena kekuatannya, melainkan karena keuletan dan kegigihannya

Sunday, August 15, 2010

Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia

14 Agustus 1961 adalah hari lahirnya Gerakan Pramuka.
kemarin, tepatnya 14 Agustus 2010, Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana telah mencapai usia 49 tahun, dan satu tahun lagi akan mencapai usia emasnya.
Di usia yang sudah cukup tua ini, semakin banyak tantangan hal dihadapi. Namun, sepahit dan seterjal apapun itu, harus siap dilalui.
Sebagai Ketua Dewan Kerja Nasional, saya berharap Pramuka dapat dikenal luas dan seutuhnya oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya dikenal karena seragam coklatnya, tapi juga dikenal dengan akhlak dan prestasi yang baik yang dapat membuat harum nama bangsa ini.
Anggota Muda muda Gerakan Pramuka, khususnya Penegak dan Pandega adalah "The Future Leaders", Pemimpin masa depan bangsa ini. Penggenggam amanah di hari esok.

"bukan karena topinya, ku jadi Pramuka. Bukan karena bajunya kujadi Pramuka. Bukan karena dasinya,  ku jadi Pramuka....tapi karena hatinya ku jadi Pramuka" lagu ini menggambarkan bahwa seorang Pramuka tidak hanya terlihat ketika mengenakan seragam lengkap. kapan pun, dimanapun, jiwa seorang Pramuka harus tetap terpatri dalam diri. Seorang pemimpin, apapun itu, dimanapun ia berada, tidak hanya dapat mengandalkan kepintaran akademis dan retorika semata. Akan tetapi baik akhlak dan perilaku dalam kehidupan kesehariannya. Entah di dalam lingkungan umum yang terlihat orang, maupun dalam keadaan sendiri atau tanpa dilihat oleh orang lain.

Keihklasan itu, tidak akan pernah mengenal kata lelah.
Dirgahayu Gerakan Pramuka.
Jayalah Gerakan Pramuka, jayalah Indonesiaku.
satu Pramuka untuk satu Indonesia.

_Jakarta, 15 Agustus 2010_

No comments:

Post a Comment