saat air bertemu batu karang, air selalu menang. Bukan karena kekuatannya, melainkan karena keuletan dan kegigihannya

Saturday, October 8, 2011

Menengok indahnya sebagian dari sekian banyak yang dimiliki oleh PAPUA

video
Ini adalah Danau Sentani, yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua. danau ini begitu luas dan teramat indah. Sentani hanyalah satu dari sekian banyak kekayaan alam yang dimiliki oleh Papua, dari yang dimiliki Indonesia, negeri yang teramat kaya dengan keindahan alamnya, kenaekaragaman budayanya, serta berbagai sumber daya yang melimpah.

Daerah "perawan", itu yang sering saya dengar untuk untuk sebutan Papua, karena banyak sekali daerah yang jarang dan sulit dijamah oleh manusia. Tapi ternyata, Papua itu bukanlah daerah yang primitif, seperti apa yang ada di benak kebanyakan orang. Jayapura adalah sebuah tempat yang  sangat maju. Banyak sekali fasilitas umum yang dapat kita jumpai seperti yang terdapat di kota-kota besar, bahkan saya berpendapat bahwa Papua sudah lebih maju dari beberapa kota yang ada di Indonesia. Papua juga tidak seburuk yang ada di pikiran masyarakat kota besar, yang menyatakan bahwa Papua itu tidak aman. Kota dan Kabupaten Jayapura terlihat sama seperti daerah-daerah lain yang pernah saya kunjungi, aman.

Sangat tidak puas rasanya jika ke Papua hanya menginjakkan kaki di Jayapura, belum lagi melihat pegunungan Jayawijaya, belum lagi ke Wamena. Ah,...sungguh luar biasa jika dapat menjajaki kaki di seluruh persada negeri ini. Serta mensyukuri seluruh yang telah diberikan Allah untuk kita.

Bicara ke Jayapura, belum puas rasanya jika tidak menginjakkan kaki di perbatasan Papua New Guinea (PNG). Hampir sulit dibedakan, amana warga Indonesia dan mana warga PNG, karena antara orang Papua dan PNG memiliki bentuk wajah, warna kulit rambut, serta bahasa yang hampir sama.
aha,,,,ini adalah tugu perbatasan yang ada di daerah perbatasa PNG dan Jayapura. Yang saya injak ini adalah wilayah Indonesia, beberapa langkah di belakang saya (antara Papua dengan PNG) terdapat "tanah Tuhan", tanah ini bukan milik Indonesia, dan bukan pula milik PNG, sehingga orang bebas menginjak daerah yang lebarnya kurang lebih hanya 10 meter itu. setelah Tanah Tuhan, barulah kita berada di PNG, disana terdapat pedagang souvenir bergambar PNG. di daerah perbatasan ini, sangat ramai orang lalu lalang, terutama masyarakat PNG, yang berbelanja kebutuhan sehari-harinya di di wilayah Indonesia.
souvenir yang di jual di sekitar perbatasan, wilayah PNG

kantor pengurusan imigrasi, di perbatasan PNG (wilayah PNG)

Gapura yang ada di PNG

2 comments:

  1. mantapppp. Beautifull Papua. Gw juga punya pengalaman ke sana freen. namun karena keterbatasan waktu gak sempet ke papua nugini karena hari sudah malam trus esoknya mesti siap-siap giat. setelah giat gw lgs ke makassar. ini catatan gw tentang papua http://ridwanikap.web.id/2011/10/indahnya-papua/

    ReplyDelete